Sejarah Berdirinya Menara Eiffel

Di Perancis banyak terdapat bangunan  bersejarah, misalnya saja Musee Napoleonin, Sainte Chapelle, dan yang paling terkenal adalah Menara Eiffel. Menara Eiffel adalah salah satu dari tujuh keajaiban dunia, dan menara ini telah menjadi ikon global Perancis. Menara Eiffel juga salah satu struktur paling terkenal di dunia. Menara Eiffel merupakan sebuah menara besi yang dibangun di Champ de Mars di tepi Sungai Seine di Paris. Menara Eiffel adalah bangunan tertinggi di Paris dan salah satu struktur terkenal di dunia. Menara Eiffel sekarang adalah menara tertingggi kelima di Perancis dan paling tinggi di Paris. Menurut sumber yang penulis baca, sejak dibangunnya Menara Eiffel, menara ini mendapat banyak kritikan. Misalnya saja, dalam surat kabar harian Paris penuh sekali dengan surat kritik dari komunitas seni di Paris. Salah satunya dimasukkan dalam Kantor Penerbitan Pemerintah AS William Watson mengenai Pameran Universal Paris: Teknik Sipil, Pekerjaan Umum, dan Arsitektur 1892. “Dan selama dua puluh tahun kita melihat, membentang ke seluruh kota, masih dijalani oleh orang-orang jenius berabad-abad, kita melihat bentangan seperti bayangan hitam dari kolom hitam yang dibangun dari lempengan besi berpaku.”
Menurut Guy de Maupassant ( pengarang Novel ), yang membenci menara itu Ia mengatakan bahwa makan siang di restoran menara setiap hari adalah satu – satunya tempat di Paris di mana kita tidak bisa melihat menara. Menurut penulis, kebencian Guy de Maupassant terhadap Menara Eiffel pada saat itu terlalu berlebihan. Tetapi pada kenyataannya, sekarang Menara Eiffel menjadi tempat pariwisata yang terkenal dan banyak turis berdatangan dari luar untuk melihat keindahan Menara Eiffel.
Saat Menara Eiffel ini dibangun banyak orang – orang terkejut dengan bentuknya yang menantang. Menurut penulis, Eiffel yang dibantu oleh Insinyurnya telah merencanakannya dengan matang. Karena Eiffel mengerti kepentingan kekuatan angin dan tahu bahwa mereka akan membangun struktur tertinggi di dunia.
Menurut Eiffel dalam Perancis Le Temps ( 14 Februari 1887 ) “ Sekarang untuk apa saya memberikan alasan utama perancangannya? Menara ini tahan angin. Baiklah! Saya menyatakan bahwa lengkungan empat sisi luar menara, sebagaimana perhitungan matematika (…) akan memberikan pemandangan bagus terhadap kekuatan dan keindahan, dan memberikan kesan kepada siapapun yang melihatnya kecanggihan desain secara keseluruhan.”
Menara Eiffel banyak sekali mengalami peristiwa
peristiwa. Contohnya :
1. Pada tanggal 3 Juni 1902, pukul 9:20 malam petir
menyambar Menara Eiffel.


2. Menara Eiffel sebagai papan iklan untuk Citroën
sejak 1925 hingga 1934.


3. Tanggal 10 September 1889, Thomas Edison mengunjungi menara. Ia menandatangani buku tamu dengan pesan berikut :

“ Kepada Tn. Eiffel sang Insinyur sang pembangun berani Arsitektur modern besar dan asli dari sesorang yang memberikan penghargaan besar untuk semua Insinyur termasuk sang Insinyur Besar sang Bon Dieu, Thomas Edison. ”
4. Bapa Theodor Wulf tahun 1910 melakukan observasi energi pancar yang dipancarkan di atas dan bawah menara, menemukan bagian atasnya lebih dari yang diperkirakan, dan mengawali apa yang saat ini disebut sinar kosmik.
Fakta Menarik Menara Eiffel Yang Memukau

Siapa yang tidak kenal dengan Menara Eiffel? Menara yang sangat terkenal ini telah menjadi ikon global Prancis dan merupakan salah satu bangunan bersejarah di dunia. Menara ini diresmikan pada tanggal 31 Maret 1889. Menara yang terletak di kota Paris ini dikenal juga dengan sebutan “La dame de fer”.

Kenapa diberi nama Eiffel? karena sebagai tanda penghormatan kepada Gustav Eiffel, insinyur yang telah merancang bangunan momentum ini. Pada awalnya, Gustav Eiffel berencana membangunnya di kota Barcelona, Spanyol.
Namun usulannya itu ditolak oleh pihak Barcelona karena dianggap terlalu mahal untuk sebuah menara dengan rancangan yang aneh. Lalu Gustav pun mengusulkannya ke pihak Prancis. Usulannya tersebut diterima, dan kemudian Gustav mendirikan menara Eiffel di Champ de Mars, di tepi sungai Seine di Paris.
Ketika diresmikan pada tahun 1889, menara Eiffel menjadi bangunan tertinggi di dunia. Namun pada tahun 1930, gelarnya itu dikalahkan oleh bangunan baru yang disebut Chrysler. Chrysler adalah gedung perkantoran pencakar langit di Kota New York. Chrysler lebih tinggi 18 meter saat itu. Namun pada tahun 1957, untuk suatu keperluan, sebuah antena tambahan dipasang di atas menara Eiffel. Dengan adanya tambahan antena tersebut, menara Eiffel menjadi lebih tinggi daripada gedung Chrysler. Sekarang, menara Eiffel adalah bangunan tertinggi kelima di Prancis.

Dan ternyata, yang lebih istimewa lagi, menara Eiffel ini memiliki 3 corak warna. Hal ini lantaran menara ini sangat tinggi, sehingga perancangnya memutuskan untuk memberi 3 corak warna cat untuk mendapatkan efekshading yang indah. Adapun warna yang lebih gelap berada pada bagian fondasi nya, warna yang lebih terang pada bagian tengahnya, dan yang warna yang paling terang untuk mengecat bagian paling atas menara. Perawatan terhadap menara ini harus menghabiskan 60 ton kaleng cat setiap tujuh tahun sekali agar tidak berkarat.

Tak hanya itu, di dalam menara Eiffel, terdapat 2 restoran. Pada tingkat pertama terdapat restoran Altitude 95. Dan pada lantai kedua terdapat sebuah restoran Gastronomic yang mahal bernama Jules Verne. Di sini, Anda dapat mencicipi masakan seorang koki proffesional kelas dunia, Alain Ducasse. Ia diminta untuk menjalankan Jules Verne pada bulan Januari 2007.


Pada tahun 1912, Franz Reichelt adalah penemu parasut terjun dari lantai 3 menara Eiffel. Reichelt ingin melakukan uji coba terhadap penemuan barunya yaitu jaket parasut. Namun penemuan barunya itu tidak berfungsi sebagaimana mestinya sehingga menyebabkan kematiannya.

Sumber : http://rzkyseptiany.blogspot.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih infonya, jangan lupa kunjungi web kami http://bit.ly/2xJx72a